Bisnis masakan merupakan salah satu bisnis dengan peminat yang banyak dan seakan tidak akan hilang. Penyebabnya adalah, kuliner merupakan kebutuhan hidup insan yang harus dipenuhi. Melihat fakta tadi, banyak orang yang mencoba untuk memulai bisnis kuliner dengan modal kecil. Memang tak ada salahnya mencoba menggeluti dunia bisnis ini. Tapi ingat, harus orang yang bermental baja yang akan bertahan sebab persaingan semakin ketat
Namun tak usah takut akan persaingan, yang dibutuhkan untuk bisa sukses dalam perjuangan ini yakni sikap pelakunya. Semakin baik pelaku bisnis masakan berkerja, otomatis semakin baik pula hasil yang akan didapatkannya. Maka dari itu, berikut ini yakni modal utama membuka perjuangan masakan kecil-kecilan yang menguntungkan :
1. Siapkan mental
Yang paling utama yakni mental masing-masing dari sang pelaku usaha. Anda harus siap jikalau sewaktu-waktu bisnis ini sepi pelanggan, kalah saing, bangkrut, dan hal negatif lainnya. Tak hanya siap mendapatkan keadaan, namun juga siap untuk bangun dari keterpurukan dikala masa sulit. Milikilah semangat bersaing dan juga berpikir inovatif dalam menyebarkan perjuangan kuliner, walau dengan modal minim sekalipun.
Selain mental baja, hal lain yang wajib dimiliki yakni kesepakatan dan keberanian. Berani mencoba hal-hal baru, berani mencari informasi, berani belajar, dan yang lainnya. Komitmen juga penting dimiliki, sebab ini yakni fondasi awal dari kesuksesan bisnis Anda.
2. Buat Konsep Yang Jelas (mudah diaplikasikan gan)
Konsep yakni citra awal dari bisnis yang akan Anda digeluti. Boleh dibilang konsep yakni pondasi utama sebelum memulai sebuah bisnis, konsep bisnis biasanya kumpulan dari beberapa inspirasi yang tertuju pada satu hal. Berikut poin-poin dalam membuat konsep bisnis:
3. Target pemasaran
Apabila konsep perjuangan telah diketahui, maka Anda harus tahu siapa sasaran yang paling cocok dengan perjuangan masakan tersebut. Misalkan berniat untuk menjual cilok, maka sasaran pemasarannya yakni belum dewasa sekolahan yang doyan dengan kuliner ini. Dengan diketahuinya calon konsumen yang tepat, maka akan mempermudah Anda dalam mencari lokasi strategis untuk jualan, menyerupai dibahas pada poin selanjutnya.
4. Lokasi
Kunci sukses perjuangan masakan yakni pemilihan lokasi bisnis yang tepat. Pilihlah daerah yang dilalui banyak sasaran peemasaran atau daerah dimana sentra keramaian berada. Tak ada salahnya menentukan daerah di pinggir jalan, asalkan sasaran pemasaran bisa dijangkau dengan mudah.
Selain itu, pemilihan lokasi jualan bisa didasarkan pada daerah dimana sasaran pemasaran berada. Misalnya saja cilok, sasaran pemasarannya yakni belum dewasa sekolahan, maka lokasi paling sempurna ada di erat sekolah. Anda juga bisa berkeliling dari satu sekolah ke sekolah lain untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
5. Sumber daya
Yang dimaksud disini tidak hanya sumber daya berupa manusia, namun sumber daya berupa materi baku. Jika memang sangat membutuhkan karyawan, maka carilah pelayan yang bisa diandalkan. Dalam bisnis ini, yang biasanya dibutuhkan yakni tukang masak, tukang bungkus, pelayan, sampai kasir. Agar menghemat modal, tak perlu banyak-banyak karyawan, yang penting dengan jumlah yang ada bisa menangani banyak pekerjaan (rekrut karyawan yang bisa multi-tasking gan)
6. Hitung dan cari modal
Untuk bisa mendirikan sebuah usaha, maka yang harus dibutuhkan yakni modal. Dalam mencari modal, bisa didapat dengan melaksanakan kredit ke koperasi atau bank dan bisa juga meminjam pada kerabat maupun saudara. Bisa juga dari tabungan Anda. Agar lebih gampang perhatikan beberapa poin hitungan modal dibawah ini:
7. Inovasi
Tak jarang orang akan menentukan kuliner yang unik dan instagramable untuk dijadikan sajian makan mereka. Maka dari itu, buatlah sajian andalan yang bisa menarik minat pembeli dengan membuat produk inovatif dan kreatif. Walaupun produk yang dibentuk nanti agak aneh, namun apabila mempunyai keunikan dan berbeda dari yang lain maka jangan ragu untuk membuatnya. Perlu diingat, pastikan juga kualitas dan rasa dari kuliner yang akan Anda jual.
Kendala lain yang dihadapi dikala jualan adalah, produk andalan yang usang mulai ditinggalkan konsumen. Menyikapi hal itu, maka produsen harus kreatif untuk membuat olahan gres supaya pengunjung usang bisa kembali, bahkan bertambah banyak. Intinya, Anda hanya perlu mempunyai sifat inovatif untuk bisa mengatasi hal tersebut.
8. Promosi
Manfaat dari promosi ialah bisa mendatangkan pembeli dengan lebih mudah. Banyak cara dan media promosi dikala ini, mulai dengan promosi lewat sosial media, promosi di website/youtube, banner, iklan, dan promosi dari verbal ke mulut. Pakailah cara yang paling gampang untuk mempromosikan bisnis masakan Anda supaya berkembang pesat.
Tips melaksanakan promosi perjuangan simpel:
9. Pelayanan Maksimal
Terakhir yakni sikap atau attitude yang harus dimiliki oleh setiap produsen. Mulai dari sikap sabar, sebab terkadang dikala awal berjalan, perjuangan tersebut masih sepi pelanggan. Kerja keras yakni sikap selanjutnya yang harus dimiliki, sebab hal ini akan membuat Anda termotivasi untuk menyebarkan perjuangan kuliner Anda. Terakhir yakni konsisten, maksudnya yakni konsisten dalam memperlihatkan pelayan terbaik, menyerupai menjaga kualitas kuliner dan kualitas daerah jualan.
Tips simpel pelayanan maksimal:
Milikilah sikap inovatif supaya nantinya produk-produk buatan Anda tidak kalah saing dengan bisnis lain yang serupa. Hal tersebut memang sangat diperlukan, mengingat banyaknya pesaing dalam dunia bisnis kuliner.
Namun tak usah takut akan persaingan, yang dibutuhkan untuk bisa sukses dalam perjuangan ini yakni sikap pelakunya. Semakin baik pelaku bisnis masakan berkerja, otomatis semakin baik pula hasil yang akan didapatkannya. Maka dari itu, berikut ini yakni modal utama membuka perjuangan masakan kecil-kecilan yang menguntungkan :
9 Modal Utama Membangun Bisnis Kuliner Pemula
1. Siapkan mental
Yang paling utama yakni mental masing-masing dari sang pelaku usaha. Anda harus siap jikalau sewaktu-waktu bisnis ini sepi pelanggan, kalah saing, bangkrut, dan hal negatif lainnya. Tak hanya siap mendapatkan keadaan, namun juga siap untuk bangun dari keterpurukan dikala masa sulit. Milikilah semangat bersaing dan juga berpikir inovatif dalam menyebarkan perjuangan kuliner, walau dengan modal minim sekalipun.
Selain mental baja, hal lain yang wajib dimiliki yakni kesepakatan dan keberanian. Berani mencoba hal-hal baru, berani mencari informasi, berani belajar, dan yang lainnya. Komitmen juga penting dimiliki, sebab ini yakni fondasi awal dari kesuksesan bisnis Anda.
2. Buat Konsep Yang Jelas (mudah diaplikasikan gan)
Konsep yakni citra awal dari bisnis yang akan Anda digeluti. Boleh dibilang konsep yakni pondasi utama sebelum memulai sebuah bisnis, konsep bisnis biasanya kumpulan dari beberapa inspirasi yang tertuju pada satu hal. Berikut poin-poin dalam membuat konsep bisnis:
- Makanan apa yang ingin dijual (usahakan tidak terlalu banyak jenisnya tapi fokus pada kualitas)
- Konsep Tempatnya (jika market yang dituju remaja-pemuda maka konsep daerah yang santai tidak terlalu formal, konsep daerah ala tongkrongan bisa menjadi poin manis untuk pengenalan bisnis di tahap awal)
- Pola Distribusi: supplier base(tempat anda mengambil materi baku)--->tempat perjuangan anda--->konsumen base (target anda)
- Tawarkan Nilai Lebih (adding Value): menyerupai misalkan di daerah anda pengunjung bebas berlama-lama, atau akomodasi WIFI yang super kenceng bagi pengunjung setia,dll)
3. Target pemasaran
Apabila konsep perjuangan telah diketahui, maka Anda harus tahu siapa sasaran yang paling cocok dengan perjuangan masakan tersebut. Misalkan berniat untuk menjual cilok, maka sasaran pemasarannya yakni belum dewasa sekolahan yang doyan dengan kuliner ini. Dengan diketahuinya calon konsumen yang tepat, maka akan mempermudah Anda dalam mencari lokasi strategis untuk jualan, menyerupai dibahas pada poin selanjutnya.
4. Lokasi
Kunci sukses perjuangan masakan yakni pemilihan lokasi bisnis yang tepat. Pilihlah daerah yang dilalui banyak sasaran peemasaran atau daerah dimana sentra keramaian berada. Tak ada salahnya menentukan daerah di pinggir jalan, asalkan sasaran pemasaran bisa dijangkau dengan mudah.
Selain itu, pemilihan lokasi jualan bisa didasarkan pada daerah dimana sasaran pemasaran berada. Misalnya saja cilok, sasaran pemasarannya yakni belum dewasa sekolahan, maka lokasi paling sempurna ada di erat sekolah. Anda juga bisa berkeliling dari satu sekolah ke sekolah lain untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
5. Sumber daya
Yang dimaksud disini tidak hanya sumber daya berupa manusia, namun sumber daya berupa materi baku. Jika memang sangat membutuhkan karyawan, maka carilah pelayan yang bisa diandalkan. Dalam bisnis ini, yang biasanya dibutuhkan yakni tukang masak, tukang bungkus, pelayan, sampai kasir. Agar menghemat modal, tak perlu banyak-banyak karyawan, yang penting dengan jumlah yang ada bisa menangani banyak pekerjaan (rekrut karyawan yang bisa multi-tasking gan)
6. Hitung dan cari modal
Untuk bisa mendirikan sebuah usaha, maka yang harus dibutuhkan yakni modal. Dalam mencari modal, bisa didapat dengan melaksanakan kredit ke koperasi atau bank dan bisa juga meminjam pada kerabat maupun saudara. Bisa juga dari tabungan Anda. Agar lebih gampang perhatikan beberapa poin hitungan modal dibawah ini:
- Tentukan seluruh modal utama anda berapa
- Sisakan 5-10% dari modal utama anda (untuk cadangan kas)
- Buat rincian biaya terbesar di pos apa saja (press serendah mungkin kalo bisa)
- Rinci juga biaya-biaya printilan (seperti bonus utk pelanggan baru, bonus kinerja karyawan dan lain sebagainya)
7. Inovasi
Tak jarang orang akan menentukan kuliner yang unik dan instagramable untuk dijadikan sajian makan mereka. Maka dari itu, buatlah sajian andalan yang bisa menarik minat pembeli dengan membuat produk inovatif dan kreatif. Walaupun produk yang dibentuk nanti agak aneh, namun apabila mempunyai keunikan dan berbeda dari yang lain maka jangan ragu untuk membuatnya. Perlu diingat, pastikan juga kualitas dan rasa dari kuliner yang akan Anda jual.
Kendala lain yang dihadapi dikala jualan adalah, produk andalan yang usang mulai ditinggalkan konsumen. Menyikapi hal itu, maka produsen harus kreatif untuk membuat olahan gres supaya pengunjung usang bisa kembali, bahkan bertambah banyak. Intinya, Anda hanya perlu mempunyai sifat inovatif untuk bisa mengatasi hal tersebut.
8. Promosi
Manfaat dari promosi ialah bisa mendatangkan pembeli dengan lebih mudah. Banyak cara dan media promosi dikala ini, mulai dengan promosi lewat sosial media, promosi di website/youtube, banner, iklan, dan promosi dari verbal ke mulut. Pakailah cara yang paling gampang untuk mempromosikan bisnis masakan Anda supaya berkembang pesat.
Tips melaksanakan promosi perjuangan simpel:
- Fokus utama promos di produk unggulan anda
- Promosikan juga produk terbaru anda atau produk unik anda
- Promosikan perihal nilai tambah (adding value) ditempat anda
9. Pelayanan Maksimal
Terakhir yakni sikap atau attitude yang harus dimiliki oleh setiap produsen. Mulai dari sikap sabar, sebab terkadang dikala awal berjalan, perjuangan tersebut masih sepi pelanggan. Kerja keras yakni sikap selanjutnya yang harus dimiliki, sebab hal ini akan membuat Anda termotivasi untuk menyebarkan perjuangan kuliner Anda. Terakhir yakni konsisten, maksudnya yakni konsisten dalam memperlihatkan pelayan terbaik, menyerupai menjaga kualitas kuliner dan kualitas daerah jualan.
Tips simpel pelayanan maksimal:
- Berikan motivasi bonus atas kinerja karyawan
- Tawarkan bonus juga pada pelanggan anda (adding value product)
- Berikan servis aksesori secara gratis (minuman gratis, WIFI gratis,dll)
Milikilah sikap inovatif supaya nantinya produk-produk buatan Anda tidak kalah saing dengan bisnis lain yang serupa. Hal tersebut memang sangat diperlukan, mengingat banyaknya pesaing dalam dunia bisnis kuliner.








EmoticonEmoticon